Nama :M.
Rifaul yahya
NIM : 201010040311200
Tugas : Individu
Tugas : Individu
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Saya mengambil
judul ini karena saat ini memang demam facebook sedang melanda hampir seluruh
penjuru dunia, tidak terkecuali juga indonesia. Saat ini siapa yang tidak
mengenal yang namanya facebook bagi orang yang melek internet, di indonesia berbagai
kalangan seperti pelajar, pekerja,hingga oranga tua tidak mau kalah dengan
situs jejaring sosial ini karena dirasa lebih mudah dan lebih murah. Facebook
memberikan kesempatan pada para anggotanya untuk memperluas pertemanan di dunia
maya. Para anggota bisa berkomunikasi dengan teman sekolah, teman kantor, orang
tua, dan bahkan teman masa lalu. Karena melalui media facebook, dalam bergaul
tidak harus lagi bertemu secara langsung. Bisa dilakukan melalui dunia maya,
yang memberikan kemudahaan dan bisa menggunakan waktu secara efisien.
Facebook memiliki berbagai kelebiahan
dibandingkan dengan situs yang lain yaitu antara lain tampilan facebook lebih
simpel dibanding situs jaringan sosial lainnya yang lebih menonjolkan grafis
seperti friendster, myspace, dan lain. Menu pada facebook, lebih lengkap dan
mudah untuk dimengerti sehingga memudahkan para pengguna facebook yang masih
pemula. Di facebook seseorang dapat mengetahui siapa-siapa saja teman yang sedang online karena terdapat fasilitas
chatting online, sehingga pengguna dapat melakukan chating secara langsung
dengan pengguna lainnya yang sedang online. Dalam hal translate bahasa facebook
nomer satu, Karena facebook menyediakan layanan translate bahasa-bahasa yang
lebih lengkap. Mungkin inilah
yang membuat situs facebook lebih unggul jika dibandingkan dengan twitter dan social media lainnya.
Tidak hanya sebagai media bergaul, mencari
teman atau mencari jodoh, facebook juga bisa dimanfaatkan sebagai media pemasaran
dan promosi online jika bisa memanfaatkan dan memahami tips dan triknya. baik melalui page-page khusus ataupun
memalui iklan facebook sehingga menjadikan bisnis yang dilakukan melaui
facebook bisa berkembang dengan pesat serta lebih efisien dan lebih efektif
sehingga bisa mendapatkan keuntungan yang besar.
1.2
Rumusan Masalah
Berdasarkan
latar belakang diatas maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut:
1. Bagaimanakah
sejarah facebook.
2. Apakah
bisnis online itu.
3. Bagaimana
bisnis melaluai media facebook.
BAB
II
PEMBAHASAN
2.1 Sejarah Facebook
facebook adalah
sebuah situs jejaring sosial yang
diluncurkan pada 4 februari 2004,yang didirikan oleh lulusan harvard dan mantan
murid ardsley higt school dia adalah Mark Zuckkerberg. Dulu komsumen facebook terbatas untuk
mahsiswa hardvard college. Namun, dua bulan selanjutnya, jejaring sosial ini
memperluas keanggotaanya ke sekolah-sekolah lain di boston. Sekolah tersebut
antara lain : boston colege, boston
unuversity, MIT, Tufts, Rochester, Stnaford,NYU,norehwestern, dan semua sekolah
yang termasuk dalam ivy league.
Perlahan tapi
pasti, dalam kurun waktu kurang dari satu tahun, facebook menyebar hingga ke
perguruan tinggi lain. Hingga akhirnya, orang-orang memiliki alamat email
universitas, seperti: .edu, .ac, .uk, dan lain-lain, diseluruh dunia dapat
mengakses dan bergabung daam situs pertemanan ini. Sebelumnya pada tahun 2002,
orang-orang banyak menggunakan friendster sebagai situs jejaring mereka. Hampir
sama dengan facebook, friensdster bisa mengekspresikan diri melalaui
foto,biodata,kebiasaan,dan hobi. Selai itu,friendster juga bisa menghubungkan mereka dengan
teman-teman lama yang tidak pernah berjumpa lagi.
Saat ini,
friendster masih beroprasi dengan mayoritas penggunanya adalah anak-anak SMA
dan mahasiswa baru. Dan sekarang anggota fiendster suadah mencapai 50 juta
orang. Anggota terbesarnya berada di Asia, dan sebanyak 2 juta orang bersal
dari indonesia. Jumlah tersebut menjadikan indonesia menjadi negara terbesar
kedua yang mengakses friendster setelah filipina, yang penggunanya mencapai 3,5
juta orang,namun kini tren friendster sudah tergantikan oleh munculnya
facebook.
Jaringan
facebook mulai dikembangakan untuk sekolah sekolah tingkat atas dan beberapa
perusahaan besar. Baru pada 11 september 2006, setiap orang dengan alamat email
apapun dapat mandaftar di facebook. Seperti yang berkembang saat ini, para
pengguna facebook bebes memilih dan bergabung dengan satu atau lebih jaringan
yang tersedia, apakah berdasarkan sekoalah, tempat kerja, ataupun wilayah
geografisnya.
Sejak
keanggotaan facebook di buka umum, anggotanya terus bertambah. Pada tahun 2007,
facebook mempunyai anggota sebangak 50 juta orang yang aktif, dengan
pertambahan 1 juta orang baru setiap
minggunya. Di indonesia, pengguna facebook mencapai 3.300.000 orang, dengan
mayoritas berusia 18-24 tahun mencapai 1.300.000 orang, dan usia 25-34 tahun
mencapai 1.000.000 orang. Jumlah tersebut adalah perkiraan pada awal bulan mei
2009, dan hingga saat ini perkembanganya terus meninggkat, mencapai 159.000
anggota baru tiap mingguanya.
Jaringan
pertemanan yang sukses merekrut jutaan anggota ini menemui kendala di beberapa
negara, seperti: suriah,iran,dan beberapa tempat kerja. Mereka sengaja
memblokir jaringan facebook agar para pekerja tidak menyalahgunakan waktu kerja mereka untuk membuka facebook.
Selain itu, masalah lainnya adalah karena sebuah tuduhan yang dilemparkan pada
zackerberg, sang pencetus facebook. Dia dianggap telah mencuri kode program
dari teman-temannya untuk membuat facebook. Seperti situs jejaring sosial
lainnya facebook muncul karena trend. Saat seorang teman menyukai facebook,
maka iapun mengajak temannya untuk ikut bergabung. Saat ini, facebook juga
dipakai menjadi alat untuk kampanye bagi calon presiden indonesia, setelah
melihat keberhasilan presiden Barrack Obama berkampanye melalaui media
internet, termasuk facebook.
Selain membantu
mengajak orang untuk berteman, facebook juga memberikan fitur-fitur menarik
lainnya. Dengan fitur-fitur tersebut, setiap anggota bisa melakukan apa saja.
Hal ini menjadikan facebook menjadi internet dalam internet. Karena facebook
juaga memberikan kesempatan kepada para anggotanya untuk berain kuis dan game
dengan teman-temannya.
Situs yang
paling populer dalam facebook adalah facebook status update dengan fitur ini, semua orang bisa tahu seberapa besar eksistensi seseorang dalam facebook. Melalui status
update tersebut, orang dapat berkomentar
tentang status update yang dibuat. Selain fitur tersebut, dalam facebook
juga bisa mengupload foto,video,note,dan lain-lain. dapat bertukar foto dan
video antar orang yang satu dengan orang yang lainya.
Saat ini, banyak
radio,acara-acara TV,dan juga instansi lain yang memanfaatkan facebook sebagai
salah satu kanal komunikasinya dan media promosi produk brand mereka. Biasanya,
mereka memulainya dengan mempopulerkan profil lalu mengajak orang untuk
bergabung dalam facebook mereka.
2.2
Bisnis Online
Bisnis
adalah upaya usaha yang dijalankan seseorang untuk mendapatkan keuntungan dan
penghasilan. Sedangakan pengertian bisnis online adalah upaya usaha untuk
mendapatkan keuntungan dan penghasilan dengan cara yang lebih feksibel,efisien
dan praktis asalkan memiliki jaringan internet. Bisnis online merupakan bisnis
yang tak terbatas karena cakupan wilayahnya yang luas bisa mencapai seluruh penjuru
dunia, menjelajah seluruh benua dan samudera.
Praktisnya
bisnis online seringkali tidak memerlukan modal seperti bisnis yang lainnya,
bahkan cara kerjanya sangatlah sederhana hanya dengan media untuk penghubung
internet dan cukup bekerja dibalik layar komputer atau laptop. sekarang banyak
sekali media yang bisa digunakan, dalam melakukan bisnis atau menawarkan brand
salah satunaya adalah facebook . Merupakan situs jejearing sosial yang sedang
buming sekarang ini dan sudah banyak orang yang menggunakan situs ini untuk
berbisnis dan beriklan. Yang hasilnya pun cupuk mengagumkan karena sekarang
situs ini sedang buming dimasyarakat.
2.3 Bisnis Melalui Media Facebook
Media sosial
saat ini berkembanag sangat pesat, salah satunya yang sedang buming adalah facebook.
Facebook terhitung sangat cepat dalam menyebar dan menginfeksi
perusahaan-perusahaan yang dulunya belum berminat memanfaatkan facebook sebagai
media bisnis. sekarang mulai mengunakannya karena mengingat pengguna facebook
yang semakin banyak yang dirasa akan lebih efektif dan efisien jika menggunakan
media ini.
Malalui facebook
perusahaan bisa membangun relationship antara brand, perusahaan dan juga target
audien. Perusahaan-perusahaan semakin
menyadari bahwa mereka bisa dengan mudah melakukan interaksi aktif dengan pelanggan
melalui facebook. Perusahaan bisa mengobservasi apa saja yang menjadi keinginan
dan kebutuhan pasar, untuk kemudian menjawabnya dengan produk/layanan
yang sesuai. Dapat di ketahui seberapa banyak biaya yang harus
dikeluarkan oleh sebuah perusahaan jika
harus melakukan riset tanpa bantuan facebook. Dalam facebook terdapat beberapa fitur yang
bisa gunakan untuk berbisnis. Fitur dan aplikasi yang bisa digunakan dalam
berbisnis melalui facebook antara lain:
1. Mengguanakan
Marketplace
Marketplace
merupakan fitur yang jarang dipakai oleh para penguna facebook. Selain itu,
potensi yang dimiliki marketplace belum terlalu besar. Marketplace ini sama
dengan iklan baris yang berisi layanan direktori iklan. Melalui fitur ini bisa dimanfaatkan
untuk mempromosikan barang atau produk yang akan jual kepada pengguana facebook. Keuntungan lainnya
adalah tidak hanya menawarkan kepada pengguana facebook yang sudah menjadi
teman, dalam marketplace ini juag dapat menawarkan produk kepada setiap
pengguna facebook, walaupun mereka bukan teman.
Selain
itu,dengan marketplace juga bisa melihat barang apa yang ditawarkan oleh
pengguna facebook yang lain. Dalam marketplace, diperbolehkan untuk
mengomentari promo atau produk yang ditawarkan orang yang lain. Tetapi harus
hati-hati dalam menggunakan fitur marketplace karena semakin banyak dalam
mem-posting iklan diwaktu yang bersamaan maka bisa dianggap sebagai sepam oleh
sistem facebook.
2. Menggunakan
Ads Dan Pages
Facebook sacial ads dan
pages juaga merupakan sslah satu dari media beriklan dalam facebook. Bentuknya
seperti iklana baris dengan tambahan gambar,iklan yang dibuata dengan social
ads dan pages akan dikirim kealamat situs yang telah ditentukan. Ini merupakan
media yang efisien dalam mempromosikan produk.
Dalam
social ads ini perlu dibuat dengan kata-kata dan gambar yang semenarik mungkin,
sehingga orang akan lebih tertarik dengan iklan yang dibuat. Pada dasarnya
tampilan social ads terbagi menjadi menjadi 3 bagian yaitu judul,gambar, dan
tampilan. Dalam social ads dan pages ini, bisa menentukan target audiens yang
di inginkan, mulai dari jenis kelamin, usia target, tengkat pendidikan dan
status target.
3. Facebook
Publik Profile
Facebook publik adalah tempat promosi khusus bagi individu
atau korporasi yang ingin mananamkan bran-nya di facebook. Dalam facebook
profile ini siapa saja bisa melakukan promosi. radiao,biro perjalanan, makanan,
minuman, galeri,distro,dan sebagainya. Semuanya boleh melakukan promosi melalui
facebook publik profile, untuk memuli apliksi ini dimulai dengan memilih
kategori sesuai dengan brand tersebut. Setiap pilihan berakibat pada penjelasan
informasi brand yang berbeda.
4.
Promo Menggunakan
Facebook
Kendala dalam sebuah
usaha biasanya adalah pemasaran, inilah yang harus disingkapi oleh seorang yang
sedang melakukan bisnis. Pemasaran
merupakan kendala yang besar karena pebisnis harus menjual produk dengan baik, sehingga
mempunyai banyak pelangan, dan produk yang dijualpun akan laris. Sehingga
bisnisnya akan tetap berjalan dan mendapatkan keuntungan yang besar.
Memanfaatkan jejaring sosial yang sekarang ini banyak dilakukan kalau
pebisnis,dalam pemasarannya hal ini diakui bahwa jejaring sosial salah satunya
facebook bukan hanya sebagai situs yang menjaring pertemanan tetapi juga sukses
memaasarka produk. Adapun tips agar promosi melalui facebook bisa menjadi
sukses:
·
Personalisasikan profil
·
Perbanyak teman
·
Bergabung dalam sebuah
grup ataupun membuat grup pribadi
·
Merencanakan cara
pemasaran atau penjualan misalnya melalui poster,video,URL link ke sales page
atau melalui pesan dan status facebook.
BAB
III
KESIMPULAN
Dari
urain diatas saya dapat menyimpulkan bahawa sekarang ini dalam melakukan bisnis
begitu mudah dan bisa melalui media apapun yang penting kita bisa mendapatkan
keuntungan yang besar. Seperti halnya sekarang ini yang sedang buming adalah
bisnis online. Dengan melakukan bisnis secara online menjadikan bisnis yang dijalankan
lebih mudah, efisien dan efektif hal ini terbukti dari semakin banyaknya orang
atau perusahaan yang memanfaatkan media online dan salah satunya yaitu melalui facebook.
facebook
merupakan media yang multi fungsi itu terbukti dengan facebook kita bisa
mendapatkan teman,kenalan, dan bahkan jodoh. selain itu bila kita bisa
memanfaat secara maksimal mengerti trik dan tipsnya facebook juga bisa digunkan
sebagai media bisnis. Yang sekarang ini terbukti ampuh untuk menarik konsumen karena
sekarang ini jumlah pengguna facebook semakin hari semakin banyak dan terus
bertambah.
Itu merupakan peluang besar bagi orang atau
perusahaan yang memanfaatkan facebook sebagai media bisnis. Melalui media
facebook bisnis yang dijalankan lebih mudah
dalam mengelola, menarik konsumen, mengontro, dan juga bisa berinteraksi
langsung dengan konsumen tanpa memerlukan biaya. Yang jika dilakukan dengan
cara yang biasa, pastinya memerlukan biaya yang sangat besar dan memerlukan
waktu yang cukup lama dan pastinya tidak efisien.
Marliana,
Lina dan Nurul Khasanah. 2009. Facebook
Alat Gaul dan Bisnis Dahsyat Anak Muda. Jakarta: Diva
pres.
Putra, Roy Chandra. 2009. Cara Mudah Bikin Blog Dan Facebook.
Yogyakarta: Cosmic Book
3 komentar:
Hhhe..Bisnis online..?wowww..exited..!
tapi gan, untuk menghindari kecurangan gimana caranye yya..?apa nggak malah rawan tuch bisnis online..ane baca bnyak kasus, bahwa bisnis online tuch rawan kecurangan..Trus gmn gan..?
Hafidz Thaha I.M/201010040311205/Ilkom D
perkembangan teknologi memang menakjubkan . bisnis yang dulunya dilakukan secara langsung dengan tatap muka sekarang bisa dilakukan hanya dengan media online .
tapi sayangnya ada kekurangan dalam bisnis online karena banyaknya kasus penipuan yang dilakukan . kalau bisnis ini tidak dilakukan dengan benar-benar, maka bisnis online tidak akan mendapatkan trust dari masyarakat :)
Tri Ajeng Natalina K/201010040311245/ikom D
Trim.s ya gan atas artikelnya... cukup bermamfaat...
Posting Komentar